22 September, 2012

Konfigurasi Jaringan LAN di VMware


Semangat pagi, kali ini saya akan membahas tentang menghubungkan antara PC virtual eh OS yang virtual dengan OS yang asli di PC. OS asli nya saya menggunakan Win. Vista dengan OS yang ada di VMWare , saya menggunakan Win. XP.

Pertama-tama lihat dulu control panel Network Connection di Windows Vista




Nah lihat kan di atas ada LAN 2 dan Lan 3 yang merupakan VMWARE Virtual Ethernet nya OS Win. Vista. Sebenarnya kita bisa menambah Virtual Ethernet Card itu, Go to aplikasi VMWare-Edit-Virtual Windows Setting.




Di pengaturan tersebut kita bisa menambah Ethernet degan mengatur IP dan subnetnya, kita juga bisa menambah DHCP server, agar Host yang di Virtual Machine dapat otomatis mendapatkan IP.
Buka salah satu dari Virtual Machine di atas yang sekiranya buat host di VMWare. Dari situ akan diketahui LAN itu Ethernet card nya VMNet1 atau VMNet2 atau VMNet3 atau VMNet4 atau VMNet5 dst…
Nah ternyata itu VMNet2, maaf screenshotnya tidak ada dan waktu sudah habis. Hehe. Pokoknya klik kanan pilih properties, disitu akan tampil informasinya IP yang digunakan.
Pengaturan VMNet2 di VMWare saya sudah saya atur DHCP di VMWare-Edit-Virtual Windows Setting, jadi IP ini tidak bisa diganti lagi.


Lah gambar di atas ini print screen nya dari computer yang berbeda, ini saya ambil dari computer rumah sedangkan prakteknya di lab kampus. Jadi VMNet nya agak berbeda dengan yang VMWare di Lab. Tapi intinya sama kok. Di cermati dulu Ethernet-ethernet dan IP nya ya..

Nah sekarang go to the Virtual Windows XP. Setting dulu hardware Ethernet adapternya, di bawah kata “Start This Virtual Machine” nah pilih Ethernet adapter, pada kolom sebelah kanan pilih custom lalu pada dropdown pilih VMNet2.



Kalau secara virtual hardware sudah di atur semua, Start Virtual Machine, hidupkan virtual win. XP lalu konfigurasi koneksi LAN nya menjadi Obtain, agar mendapatkan IP dari VMWarenya langsung.





Setelah mendapatkan IP coba di ping menggunakan command Prompt. Troubleshooting yang terjadi jika tidak reply ,kemungkinan firewall belum dimatikan di win. XP maupun di Vista. Memang Vista agak sulit ya, terlalu protect the PC. Jadi silahkan mencoba :D


Search:
Konfigurasi LAN di Virtual Machine , LAN di VMWare , Menghubungkan LAN di Virtual Machine , Menghubungkan LAN di VMWare , LAN di Virtual Machine 

0 comments: