07 March, 2013

Perkembangan Protokol di Dunia Telekomunikasi

Dalam suatu jaringan komputer, terjadi sebuah proses komunikasi antar entitas atau  perangkat yang berlainan sistemnya. Entitas atau perangkat ini adalah segala sesuatu yang mampu menerima dan mengirim. Untuk berkomunikasi mengirim dan menerima antara dua entitas dibutuhkan pengertian diantara kedua belah pihak. Pengertian inilah yang dimaksud dengan protokol. Jadi protokol adalah himpunan aturan-aturan main yang mengatur komunikasi data. Protokol mendefinisikan apa yang dikomunikasikan, bagaimana, dan kapan terjadinya komunikasi.

Sejarah Awal Terbentuknya Protokol Standard untuk Komunikasi

Jaringan mulai dibangun pada kisaran tahun 60an dan 70an, dimana mulai banyak penelitian tentang paket-switching, collision-detection pada jaringan lokal, hirarki jaringan dan teknik komunikasi lainnya. Semakin banyak yang mengembangkan jaringan, tapi hal ini mengakibatkan semakin banyak perbedaan dan membuat jaringan harus berdiri sendiri tidak bisa dihubungkan antar tipe jaringan yang berbeda. Sehingga untuk menggabungkan jaringan dari group yang berbeda tidak bisa terjadi. Terjadi banyak perbedaan dari interface, aplikasi dan protokol.
Situasi  perbedaan  ini  mulai  di  teliti  pada  tahun  70an  oleh  group  peneliti  Amerika  dari Defence  Advanced  Research  Project  Agency  (DARPA).  Mereka  meneliti  tentang internetworking, selain itu ada organisasi lain yang juga bergabung seperti ITU-T (dengan nama CCITT) dan ISO. Tujuan dari penelitian tersebut membuat suatu protokol, sehingga aplikasi yang berbeda dapat berjalan walaupun pada sistem yang berbeda.
Group  resmi  yang  meneliti  disebut  ARPANET  network  research  group,  dimana  telah melakukan  meeting  pada  oktober  1971.  Kemudian  DARPA  melanjukan  penelitiannya tentang  host-to-host  protocol  dengan  menggunakan  TCP/IP,  sekitar  tahun  1978. Implementasi  awal  internet  pada  tahun  1980,  dimana  ARPANET  menggunakan  TCP/IP. Pada tahun 1983, DARPA memutuskan agar semua komputer terkoneksi ke ARPANET menggunakan TCP/IP.
DARPA mengontak Bolt, Beranek, and Newman (BBN) untuk membangun TCP/IP untuk Berkeley UNIX di University of California di Berkeley, untuk mendistribusikan kode sumber bersama dengan sistem operasi Berkeley Software Development (BSD), pada tahun 1983 (4.2BSD).  Mulai  saat  itu,  TCP/IP  menjadi  terkenal  di  seluruh  universitas  dan  badan penelitian dan menjadi protokol standar untuk komunikasi.
 
Untuk mengetahui selengkapnya tentang protokol dan organisasi yang mengembangkannya termasuk IEEE , silahkan download file berikut ini.
 

0 comments: