31 March, 2013

TCP/IP Protokol

U.S. Department of Defense (DOD) menciptakan model TCP/IP, karena DoD ingin mendesain network yang dapat tetap berfungsi dalam kondisi apapun, termasuk perang nuklir (Cisco System, 2005). Dunia networking terhubung dengan berbagai macam media yang berbeda-beda seperti cooper wires, microwaves, optical fibers, dan satellite links.DoD menghendaki transmisi paket setiap saat dalam kondisi apapun. Kesulitan ini membawa DoD ke dalam penciptaan TCP/IP.

 TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol) adalah sekelompok protocol yang mengatur komunikasi data komputer di Internet. Komputer-komputer yang terhubung ke internet berkomunikasi dengan protocol ini. Karena menggunakan bahasa yang sama, yaitu protocol TCP/IP, perbedaan jenis komputer dan system operasi tidak menjadi masalah. Komputer PC dengan system Operasi Windows dapat berkomunikasi dengan komputer Macintosh atau dengan Sun SPARC yang menjalankan Solaris.
 
Jadi, jika sebuah komputer menggunakan protocol TCP/IP dan terhubung langsung ke Internet, maka komputer tersebut dapat berhubungan dengan komputer di belahan dunia manapun yang juga terhubung ke Internet.Tidak seperti teknologi networking sebelumnya, TCP/IP dirancang dengan standar terbuka. Ini berarti semua orang bebas untuk menggunakan TCP/IP. Ini mempercepat perkembangan TCP/IP sebagai sebuah standar.


Arsitektur TCP / IP
Sebagai sebuah protocol TCP/IP juga memiliki model referensi sendiri yang terdiri dari 4 layer (Cisco Systems, 2005). Karena tidak ada perjanjian umum tentang bagaimana melukiskan TCP/IP dengan model layer, biasanya TCP/IP didefinisikan dalam 3-5 level fungsi dalam arsitektur protocol. Kali ini akan melukiskan TCP/IP dalam 4 layer model, yaitu seperti digambarkan dalam diagram di bawah ini :
Untuk mengetahui secara lengkap tentang fungsi TCP/IP protokol beserta penjelasan per layer, silahkan download pdf di bawah ini :


3 comments:

Anonymous said...

mbak, saya alee dari jatim. boleh minta waktu nya sebentar buat sharing jaringan ??

Unknown said...

Ya. gmna ?

Unknown said...

Terimakasih atas kunjungannya :)