19 October, 2012

Konfigurasi Hotspot pada Mikrotik

Kofigurasi hotspot ini saya lakukan dengan menggunakan Software VMWare Worksttion 8.Kali ini saya akan membahas konfigurasi hotspot menggunakan IP yang telah di atur dari Mikrotik. Jadi fungsi DHCP di TP-Link atau perangkat access pointnya di disabled. Oke disini saya akan menjelaskan bagaimana konfigurasi hotspot mikrotik dengan winbox. Kita asumsikan bahwa klien untuk me-remote mikrotik sudah terkoneksi dengan benar. . Berikut ini merupakan gambaran dari IP yang telah di konfigurasi di mikrotik
 
Untuk konfigurasi pemberian IP pada interface mikrotik bisa tengok dulu la ke “Konfigurasi Mikrotik”. Untuk menambahkan interface untuk hotspotnya, dapat membeli LANCArd dan pasangkan pada slot PCI PC Router mikrotik kita atau bila anda menggunakan RouterBoard Mikrotik tinggal hubungkan saja Access Point ke port RJ-45 yang telah disediakan RB mikrotik. Lalu disetting interface port tersebut di OS mikrotiknya (diberi IP sebagai gateway daripada Access Point tadi.
Dalam hal ini karena saya menggunakan VMWare, jadi saya jelaskan dulu dari awal penyediaan untuk hotspot. Disini saya menggunakan Laptop yang ada wi-fi nya.
Langkah pertama kita buka menu Edit->Virtual Network Editor pada VMWare->Pilih Add Network->Select Network To add Vmnet0->OK

Setelah itu setting hardware mikrotik virtual dengan  “edit this virtual machine”. Tambahkan network adaptor untuk hotspot.
 Untuk selengkapnya silahkan download materinya disini.

0 comments: