19 October, 2012

Komputer Klien Mikrotik


Tulisan berikut ini merupakan kelanjutan dari postinganku sebelumnya. Yang berjudul instalasi VMWare, instalasi Windows XP di VMWare, instalasi Mikrotik.. Untuk tutorial berikut ini alat dan bahannya sebagai berikut :

Alat dan bahan
1. Komputer atau laptop yang sudah terinstal VMWare, jika belum ya install dulu. Disini tutoriallnya.

2. Windows XP virtual (Guest Operating system) di VMWare, jika belum ya install dulu. Cara install windows xp di vmware klik disini. Windows XP ini akan dijadikan klien mikrotiknya.

3. Mikrotik virtual di VMWare, jika belum ada install dulu ya. Cara instal dan konfigurasi mikrotik tengok kesini. Mikrotik disini sebagai gateway/router menuju internet.

Setelah alat dan bahan dipersiapkan langsung saja saya jelaskan lewat gambar berikut ini..
Buka software VMWare. Klik kanan pada file mikrotik anda, pilih settings maka akan muncul tampilan hardware virtual untuk mikrotik
  
Pada gambar di atas pilih Network Adapter kedua karena yang pertama sudah di pake untuk koneksi ke gateway. Setting Network Adapter dengan LAN Segment seperti yang ditunjukkan gambar di atas. Pilih LAN Segments yang diberi tanda panah kecil untuk membuat segmen LAN yang baru. Seperti gambar di bawah ini, ketikkan nama segmen LAN nya lalu OKE.

Setelah di Oke muncul tampilan seperti dibawah ini, maka langsung saja pada menu dropdown LAN segmen pilih segmen yang kita buat tadi. Klik OKE ya , jangan cancel.

Setelah interface mikrotik di setting, kita setting LAN Card windows XP yang sebagai klien mikrotik. Lihat gambar dibawah ini, klik kanan windows royal pilih settings. Lalu pada Network Adapter milik Windows XP ini pilih jenis LAN segment dan pada menu dropdownnya pilih segmen-mikrotik. Sama seperti yang kita buat tadi. Jadi sekarang secara hardware virtual, mikrotik dengan windows XP telah terhubung.
Selanjutnya hidupkan kedua OS yang kita hubungkan yakni mikrotik dan windows XP. Lihat gambar di bawah ini.




































Atur IP windows XP seperti diatas jika anda mengikuti langkah-langkah persis dari tutorial saya sebelumnya. Jika tidak , maka buka kembali IP yang telah anda setting di mikrotik.







Nah jika yang anda setting IP Lokal seperti di atas maka isikan alamat 192.168.8.1 sebagai gateway klien mikrotik. Dan beri klien mikrotik (Dalam hal ini windows XP) dengan IP yang masih satu subnet dengan 192.168.8.1 ya..  Setelah itu maka kita test ping apakah sudah terhubung atau tidak. Seharusnya sudah terhubung ya. Kalau belum coba cek lagi network adapternya dan settingan dari IP nya.

 












Setelah terhubung, buka internet explorer, kettikkan gateway ke mikrotiknya, dalam hal ini 192.168.8.1, maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Tampilan dibawah ini merupakan web konfigurasi untuk me-remote mikrotik ya... sebenarnya sama dengan menu yang ada di winbox. Sama persis malah..download Winbox ada di paling bawah sendiri , klik Winbox lalu klik save-> setelah itu di run.

 
Dalam hal ini, klien kita belum bisa koneksi ke internet karena kita belum mengatur NAT di mikrotiknya. Pada postingan berikutnya saya akan membahas tentang konfigurasi NAT di Mikrotik. See u ..
Thengs  for coming..
If my article help u, share it please :)
Reactions:

0 comments: