22 June, 2013

Common Channel Signaling System No. 7 (SS7)

Definisi CCS
Kebutuhan akan jaringan telekomunikasi yang aman dan bersifat circuit switch network masih sangat diperlukan, untuk menjamin reliabilitas paket suara dan data yang dikirimkan sehingga dapat mengurangi paket loss yang terjadi. Solusi yang ditwarkan salah satunya adalah dengan menggunakan protokol stack CCS atau Common Channel Signalling (CCS). CCS mentransmisikan sinyal kendali pada kanal signaling khusus yang digunakan bersama oleh beberapa kanal suara atau data. Terdapat dua mode operasi yang digunakan dalam CCS, yaitu Associated (Quasi-Associated) mode dan Disassociated Mode. CCS yang banyak digunakan adalah Signaling System No. 7 (SS7).

Signaling System Number 7 (SS7)
Sistem Signaling SS7 atau Nomor 7 adalah hanya seperangkat protokol lain yang menggambarkan sarana komunikasi antara switch telepon dalam jaringan telepon umum. SS7 telah diciptakan dan dikendalikan oleh berbagai badan di seluruh dunia, yang mengakibatkan beberapa variasi lokal spesifik, tapi organisasi utama dengan tanggung jawab administrasi SS7 adalah International Telecommunication Unito atau ITU-T.
Signaling Sytem Number  (SS # 7 atau C7) merupakan protokol yang digunakan oleh perusahaan-perusahaan telepon untuk sinyal antar sesama rekan. Teknologi SS7 tidak hanya digunakan pada jaringan PSTN yang sudah lama berlangsung, sekarang pun pihak operator telekomunikasi khususnya operator selular masih menganggap teknologi ini masih layak digunakan untuk core network, karena sistemnya yang bersifat point-to-point, sehingga interferensi dari jaringan yang lain tidak mungkin dapat terjadi.

Karakteristik SS7
Karakteristik utama SS7 adalah :
  1. Telah teroptimasinya SS7 untuk jaringan telekomunikasi digital menggunakan kanal 64 kbps.
  2. Dirancang untuk dapat mengakomodasi fungsi call control, remote control, manajemen, dan pemeliharaan jaringan.
  3. Kehandalan dalam hal keterurutan data yang dikirim tanpa loss maupun duplikasi.
  4. Dapat diimplementasikan pada jaringan analog dengan kecepatan kurang dari 64 kbps.
  5. Dapat pula digunakan untuk link terestrial point-to-point dan satelit.

Arsitektur Jaringan SS7
Sistem SS7 selain digunakan pada jaringan PSTN yang bersifat circuit switch juga digunakan pada sistem core network selular. Seperti pada perangkat MSC, SMSC, HLR, dan sebagainya. Berikut adalah contoh yang digunakan dalam implementasi jaringan real pada MSC-SMSC.

0 comments: