22 June, 2013

Company Standard Protokol (1)

Company standard adalah protokol yang dibuat dan dipatenkan oleh suatu perusahahaan untuk menerapkan sebuah system komunikasi data untuk perusahaan sendiri ataupun untuk kepentingan public. Berikut ini adalah protokol-protokol yang dibuat oleh perusahaan tertentu.

IPX (Internetwork Packet Exchange)
IPX (Internetwork Packet Exchange) adalah protokol jaringan komputer yang digunakan oleh sistem operasi Novell NetWare pada akhir dekade 1980an hingga pertengahan dekade 1990an. IPX adalah protokol komunikasi tanpa koneksi (connectionless), seperti halnya Internet Protocol dan User Datagram Protocol pada kumpulan protokol TCP/IP. Selain membutuhkan protokol IPX, Novell Netware juga membutuhkan protokol tingkat tinggi bernama Sequenced Packet Exchange (SPX) dan Network Control Protocol (NCP). Protokol ini diturunkan oleh Novell dari protokol IDP yang terdapat di dalam Xerox Network Services.
IPX digunakan untuk melakukan pemetaan paket-paket data dari satu titik di dalam jaringan ke titik lainnya melalui sebuah internetwork. IPX beroperasi di lapisan jaringan (lapisan ketiga pada model OSI), dan dapat digunakan di dalam teknologi Ethernet, Token Ring, dan protokol lapisan data-link lainnya. IPX memang dahulu pernah digunakan pada Local Area Network (LAN) berbasis Novell NetWare sebelum akhirnya Novell menggantinya dengan TCP/IP saat merilis NetWare 5.x. Sebelum diganti dengan TCP/IP, protokol ini merupakan protokol yang sangat populer.
Pada awalnya, penggunaan IPX sangatlah banyak, sebelum munculnya Internet booming pertengahan dekade 1990an. Pada saat itu, komputer dan jaringan komputer dapat menjalankan beberapa protokol jaringan, sehingga hampir semua jaringan berbasis IPX juga menjalankan TCP/IP untuk mengizinkan konektivitas Internet. Sebelum versi NetWare 5.x IPX merupakan protokol yang wajib, akan tetapi, pada versi 5.x atau yang lebih baru, Novell mengizinkan penggunanya untuk menjalankan NetWare tanpa IPX.


Xerox
Versi awal Xerox Ethernet dikeluarkan pada tahun 1975 dan di desain untuk menyambungkan 100 komputer pada kecepatan 2,94 megabit per detik melalui kabel sepanjang satu kilometer. Desain tersebut menjadi sedemikian sukses di masa itu sehingga Xerox, Intel dan Digital Equipment Corporation (DEC) mengeluarkan standar Ethernet 10Mbps yang banyak digunakan pada jaringan komputer saat ini. Selain itu, terdapat standar Ethernet dengan kecepatan 100Mbps yang dikenal sebagai Fast Ethernet.
Asal Ethernet bermula dari sebuah pengembangan WAN di University of Hawaii pada akhir tahun 1960 yang dikenal dengan naman “ALOHA”. Universitas tersebut memiliki daerah geografis kampus yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan komputer-komputer yang tersebar di kampus tersebut menjadi sebuah jaringan komputer kampus.
Proses standardisasi teknologi Ethernet akhirnya disetujui pada tahun 1985 oleh Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE), dengan sebuah standar yang dikenal dengan Project 802. Standar IEEE selanjutnya diadopsi oleh International Organization for Standardization (ISO), sehingga menjadikannya sebuah standar internasional dan mendunia yang ditujukan untuk membentuk jaringan komputer.


XNS
XNS (Xerox Network Services) adalah protokol diumumkan oleh Xerox, yang menyediakan routing dan pengiriman paket, serta fungsi tingkat tinggi seperti aliran yang handal, dan panggilan prosedur remote. Pada satu titik itu adalah daerah kanonik protokol jaringan lokal, disalin ke beberapa derajat oleh hampir semua sistem jaringan yang digunakan pada 1980-an dan 90-an (meskipun berdampak kecil pada TCP / IP).
Selama tahun 1980-an XNS ini digunakan oleh 3Com dan sejumlah sistem komersial lain yang menjadi lebih umum daripada XNS sendiri, termasuk Ungermann-Bass Net, Novell NetWare, dan Banyan VINES. XNS dikembangkan di Xerox PARC pada awal tahun 1980, Karena paket suite PARC Universal (PUP) yang dilakukan di sana pada akhir tahun 1970 lebih berat diaplikasikan. Sehingga untuk menciptakan versi yang lebih ringan, suite PUP dimodifikasi. XNS ini dimaksudkan untuk menjadi keturunan komersial penelitian / pengembangan berorientasi PUP.


SNA
Sistem Jaringan Arsitektur (SNA) adalah jaringan milik IBM arsitektur diciptakan pada tahun 1974. SNA adalah protokol stack lengkap untuk interkoneksi komputer dan sumber daya mereka. SNA menggambarkan protokol dan, dalam dirinya sendiri, tidak benar-benar program. Pelaksanaan SNA mengambil bentuk berbagai paket komunikasi, telekomunikasi terutama metode akses virtual (VTAM) yang merupakan paket mainframe untuk SNA komunikasi.

SNA masih digunakan secara luas di bank dan jaringan transaksi keuangan, serta di banyak instansi pemerintah. Sementara IBM masih memberikan dukungan untuk SNA, salah satu bagian utama dari perangkat keras, komunikasi kontroler 3745/3746 telah ditarik dari pemasaran oleh IBM Corporation. Namun, ada diperkirakan 20.000 kontroler ini diinstal dan IBM terus memberikan layanan pemeliharaan perangkat keras dan fitur kode mikro untuk mendukung pengguna. Sebuah pasar yang kuat dari perusahaan kecil terus menyediakan 3745/3746, fitur, suku cadang dan layanan. VTAM juga didukung oleh IBM, seperti IBM Network Control Program (NCP) yang diperlukan oleh kontroler 3745/3746.

Kelanjutannya bisa baca disini

0 comments: